Minggu, 24 Februari 2008

Pengabdian Seorang Perencana Kota


Suksesnya pembangunan kota sangat tergantung para pelaksananya, tidak mesti dia seorang walikota atau kepala Dinas Tata Kota. Lihat peran pak Rizal yang sudah puluhan tahun bekerja di Dinas Tata Kota.

Pada saat direncanakan jalan baru Bandara Sultan Mahmud Badarudin II – Sako terlebih dahulu harus ditetapkan trase rencana jalan tersebut Disinilah pak Rizal dkk bagian perencanaan Dinas Tata Kota Palembang dimulai. Beliau harus menyiapkan peta dasar wilayah tersebut, untuk selanjutnya memeriksa di lapangan.

Pengecekan di lapangan harus dilakukan dengan susah payah karena kondisi lapangan yang becek, berlumpur dan kadang-kadang harus masuk ke rawa-rawa karena wilayahnya sebagian berupa rawa-rawa yang dalam. Tak kurang pak Rizal harus menjawab pertanyaan, caci maki terkadang ancaman dari masyarakat yang tanahnya akan dilewati jalan baru atau tergusur karena pembangunan.

Dalam melaksanakan tugasnya kadang-kadang pak Rizal terpaksa harus menggunakan mobil pribadinya karena terbatasnya kendaraan operasional kantor, juga kadang-kadang bensin harus ditanggung sendiri. Tapi pak Rizal tidak pernah mengeluh dengan keterbatasan yang ada, beliau tetap mengerjakan tugas-tugasnya dengan senang hati.

Tidak terasa tahun demi tahun telah berlalu…

Entah berapa km pak rizal telah meristis pembangunan jalan

Entah berapa buah pembangunan gedung-gedung telah beliau ukur dan tetapkan lokasinya untuk pembangunan dan kenyamanan penduduk kota.

Entah berapa bangunan real estate yang telah beliau berikan rekomendasi pembangunannya.

Tatkala penduduk kota mulai mengagumi jalan-jalan utama Kota Palembang yang sudah mulai dibenahi sempadan jalannya, apakah mereka tahu ada pak Rizal yang telah susah payah mengukur jalan-jalan tersebut ?

Hanya Allah saja yang tahu apa yang sudah diabdikan pak Rizal selama puluhan tahun di Dinas Tata Kota Palembang.

Sebentar lagi beliau pensiun…telah banyak yang diperbuat oleh beliau untuk Kota Palembang.

Semoga hasil kerja beliau akan memberikan arti bagi pembangunan Kota Palembang dimasa mendatang.

Kota Palembang yang asri, indah, nyaman dan aman itu adalah harapan dan kebanggaan beliau

Selamat bekerja pak...

Semoga Allah ridlo dan memberikan pahala yang berlipat untuk kebaikan pak Rizal.

Jangan bersedih setelah pensiun pak, kami perencana muda Insya Allah siap melanjutkan pengabdian bapak untuk terus berusaha mewujudkan keinginan bapak untuk mewujudkan kota yang dapat melayani masyarakat supaya betah tinggal didalamnya.

Semoga Allah memberikan kekuatan bagi para perencana kota untuk terus dapat mengabdi dan memberikan yang terbaik untuk ummat ini.

Amiin.

Tidak ada komentar: